Sepenggal liukan Jemari

Goresan Jemari Nakal

Minggu, 10 Oktober 2010

Sistim Pendidikan Turki



PENDAHULUAN
A. Sejarah dan Letak Geografis
Turki termasuk dalam wilayah timur tengah yang terletak di Eropa Tenggara dan Asia barat daya (yang sebagian barat Turki Bosporus secara geografis bagian dari Eropa), berbatasan dengan Laut Hitam, antara Bulgaria dan Georgia, dan berbatasan dengan Laut Aegean dan Laut Mediterania, antara Yunani dan Suriah, dengan Koordinat geografis: 39 00 N, 35 00 E, yang terdiri dari suku bangsa Turki 80%, Kurdi 20% (perkiraan) : Agama: Islam 99,8% (kebanyakan Sunni), lainnya 0,2% (kebanyakan Kristen dan Yahudi) Bahasa: Turki (resmi), Kurdi, Arab, Armenia, Yunani  dengan angka melek huruf: usia 15 ke atas dapat membaca dan menulis  total populasi: 86,5%  laki-laki: 94,3%  perempuan: 78,7% (2003)

Turki modern didirikan pada tahun 1923 dari sisa-sisa Anatolia dari Kekaisaran Ottoman dikalahkan dari Turki." Di bawah kepemimpinan otoriter nya, negara yang dianut reformasi sosial, hukum, dan politik luas. Setelah masa pemerintahan satu partai, percobaan dengan multi-partai politik menuju kemenangan pemilu 1950 dari partai oposisi Partai Demokrat dan pengalihan kekuasaan damai. Sejak itu, partai politik Turki dikalikan, tapi demokrasi telah retak oleh masa-masa ketidakstabilan dan kudeta militer intermiten (1960, 1971, 1980), yang dalam setiap kasus akhirnya menghasilkan kembalinya kekuatan politik untuk warga sipil. Pada tahun 1997, militer kembali membantu insinyur pemecatan tersebut - populer disebut "kudeta pasca-modern" - pemerintah kemudian Islam yang berorientasi. Campur tangan militer Turki di Siprus pada tahun 1974 untuk mencegah pengambilalihan pulau Yunani dan sejak bertindak sebagai pelindung negara dengan "Republik Turki Siprus Utara", yang hanya mengakui Turki. Sebuah pemberontakan separatis dimulai pada tahun 1984 oleh Partai Pekerja Kurdistan (PKK) - sekarang dikenal sebagai Rakyat Kongres Kurdistan atau Kongra-Gel (KGK) - telah mendominasi perhatian militer Turki dan menelan lebih dari 30.000 jiwa, tapi setelah penangkapan pemimpin kelompok di tahun 1999, sebagian besar pemberontak mundur dari Turki, terutama ke Irak utara. Pada tahun 2004, KGK mengumumkan gencatan senjata mengakhiri dan serangan dikaitkan dengan KGK meningkat. Turki bergabung dengan PBB pada tahun 1945 dan pada tahun 1952 itu menjadi anggota NATO. Pada tahun 1964, Turki menjadi anggota asosiasi dari Komunitas Eropa, selama dekade terakhir, telah melakukan berbagai reformasi untuk memperkuat demokrasi dan ekonomi, memungkinkan untuk memulai pembicaraan keanggotaan aksesi dengan Uni Eropa.

B. Profil Pendidikan
Sistem Pendidikan di Turki secara umum dapat dikatakan hampir sama dengan sistem pendidikan di Indonesia. Adapun sitem pendidikan nasional Turki yang utama terdiri dari dua bagian:
1.       Pendidikan Formal (Formal Education)
Penddikan formal adalah sistem sekolah yang terdiri dari lembaga-lembaga pendidikan prasekolah, pendidikan dasar, pendidikan menengah dan pendidikan tinggi, sama halnya dengan pendidikan yang ada di Indonesia.
2.         Pendidikan Non-formal (Non-formal Education) sesuai dengan accordance with Basic LawNo. 1739 for National Education. Undang-Undang Dasar Pendidikan Nasional Turki. Pendidikan non formal mencakup semua kegiatan yang diselenggarakan di dalam atau di luar sekolah.
a.       Pendidikan pra-sekolah,
Pendidikan pra sekolah adalah pendidikan yang opsional, bertujuan untuk memberikan kontribusi mental, dan emosional pada perkembangan fisik anak/siswa untuk membantu mereka memperoleh kebiasaan baik (ahklak), yang ditekankan pada saat mereka masih di pendidikan dasar. Pendidikan pra-sekolah diberikan di TK, rumah penitipan anak, pembibitan kelas di sekolah dasar dan kelas persiapan oleh berbagai departemen dan instansi terkait, dan Departemen Pendidikan Nasional Turki.
b.      Pendidikan Dasar
Pendidikan dasar, memberikan pengetahuan dasar pada anak-anak dan memastikan fisik, perkembangan mental dan moral sesuai dengan tujuan pendidikan nasional. Pada umumnya terdiri dari pendidikan anak-anak dalam kelompok usia 6-14 tahun. Delapan tahun pendidikan dasar adalah wajib untuk semua warga negara Turki yang telah mencapai usia enam tahun, ada juga sekolah swasta akan tetapi masih berada di bawah kontrol negara. Akan tetapi khusus pelajaran bahasa asing sudah dimulai diberikan sejak 4 tahun dalam pendidikan dasar.
c.       Pendidikan Sekunder
Pendidikan sekunder diklasifikasikan dalam dua kategori lembaga pendidikan, yaitu sekolah menengah umum dan kejuruan dan sekolah tinggi teknik (lycées) di mana minimal tiga tahun bersekolah dilaksanakan setelah pendidikan dasar.
-          Pendidikan Menengah
Sekolah Menengah umum adalah lembaga pendidikan yang mempersiapkan siswa untuk institusi pendidikan tinggi. Mereka menerapkan program tiga tahun lebih dan di atas pendidikan dasar, yang terdiri dari siswa dalam kelompok umur 15-17 tahun.
-          Pendidikan Kejuruan
mberikan instruksi khusus dengan tujuan memberikan pelatihan kemahiran yang berkualitas. Organisasi dan periode instruksi dari sekolah berbeda. Beberapa dari mereka memiliki program empat tahun dalam hal ini usia sekolah adalah 15-18 tahun.
Tujuan pendidikan menengah adalah untuk memberikan pengenalan pada siswa dengan budaya umum pada tingkat minimum dan mempersiapkan mereka dalam mengemban tanggung jawab bagi masyarakat demokratis, membuat mereka menghormati hak asasi manusia serta mempersiapkan mereka pada pendidikan yang lebih tinggi atau bisnis ke arah kepentingan kehidupan yang sejahtera.
sekolah-sekolah menengah swasta, memiliki kelas persiapan bahasa asing, sesuai dengan sasaran program pendidikan, dan dalam pendidikan bahasa asing yang dipadukan dalam kelompok ilmu pengetahuan dan matematika.
d.      Pendidikan Tinggi (Higher education)
Di Turki, pendidikan tinggi meliputi semua institusi pendidikan setelah pendidikan menengah, yang menyediakan setidaknya dua tahun pendidikan tinggi dan mendidik siswa untuk melanjutkan ke jenjang, sarjana, master atau gelar tingkat doktor. Lembaga pendidikan tinggi terdiri dari universitas, fakultas, institut, sekolah pendidikan tinggi, konservatori, sekolah kejuruan pendidikan tinggi dan pusat penelitian aplikasi. Di Turki, eskalasi pendidikan yang lebih tinggi adalah untuk mencapai tingkat kemampuan dalam menghadapi era globalisasi dunia, baik dari segi kualitas dan kuantitas, telah diadopsi sebagai tujuan utama. Rencana dan program yang dibuat selalu mencerminkan persepsi dari rencana itu sendiri.
Tujuan pendidikan tinggi adalah untuk melatih tenaga kerja dalam suatu system, prinsip-prinsip pendidikan dan pelatihan kontemporer untuk memenuhi kebutuhan Negara. Namun demikian dipendidikan tingggi juga disediakan beberapa pendidikan khusus di berbagai bidang bagi siswa yang telah menyelesaikan pendidikan menengah.
Universitas yang terdiri dari beberapa unit yang dibentuk oleh negara dan oleh hukum sebagai perusahaan publik memiliki otonomi dalam pengajaran dan penelitian. Selain itu, lembaga-lembaga pendidikan tinggi, di bawah pengawasan dan kontrol negara, juga dapat dibentuk oleh yayasan swasta sesuai dengan prosedur dan prinsip-prinsip yang ditetapkan dalam undang-undang dengan ketentuan bahwa mereka adalah non-profit di dunia. Universitas adalah lembaga pendidikan tinggi pokok. Ia memiliki otonomi akademik dan kepribadian hukum publik. Hal ini bertanggung jawab untuk melaksanakan kegiatan pendidikan tingkat tinggi, penelitian ilmiah dan publikasi. Setiap universitas terdiri dari fakultas dan sekolah empat tahun, menawarkan program yang tingkat sarjana, yang kedua dengan penekanan kejuruan, dan tahun-dua sekolah kejuruan yang menawarkan rekan) tingkat's (program pra-sarjana dari alam kejuruan ketat. Tingkat pascasarjana program terdiri dari master dan doktor program, dikoordinasi oleh lembaga untuk studi pascasarjana.
program magister ditetapkan sebagai program "dengan tesis" atau "tanpa tesis". program "Dengan tesis" gelar master yang menyelesaikan pendidikan tertentu diikuti dengan pengajuan tesis. Sementara itu program "tanpa tesis" juga bagian penyelesaian dari program sarjana namun disini disebut istilah proyek. Durasi program ini adalah dua tahun setidaknya. Akses ke program doktor membutuhkan gelar master.
Program Doktor memiliki jangka waktu minimal empat tahun yang terdiri penyelesaian kursus, lulus ujian kualifikasi doktor, serta menyiapkan dan mempertahankan tesis doktor. Medis program pelatihan khusus untuk program setara tingkat doktor,  namun dilakukan dalam fakultas kedokteran dan pelatihan di rumah sakit yang dimiliki Departemen Kesehatan dan Organisasi Negara Asuransi Sosial.

C.    Sistem dan Pelaksanaan Pendidikan

Dalam pelaksanaan sistem pendidikan di Turki sudah sangat maju, kepala sekolah melihat langsung proses pembelajaran seperti; kegiatan moving class, aktifitas organisasi semacam MGMP (Musyawarah Guru Mata Pelajaran) dan MKKS ( Musyawarah Kerja Kepala Sekolah) dan lain-lain. Mereka juga melihat setelah jam pelajaran usai guru-guru di sana masih tinggal di sekolah sampai sore untuk mendiskusikan persoalan-persoalan yang muncul pada hari itu. Di Turki juga terlihat sekali hubungan kerjasama yang baik antara sekolah dengan masyarakat. Satu hal contoh kedekatan hubungan antara sekolah dengan orang tua siswa dan masyarakat sekitar sekolah. Sekolah menyediakan kamera monitor yang bisa diakses langsung oleh orang tua siswa dari rumahnya. Orang tua bisa mengetahui kegiatan anaknya di sekolah, aktifitasnya  didalam kelas dan lain-lain. Jadi orang tua ikut mengawasi jalannya kegiatan pembelajaran. Dengan demikian guru juga tidak bisa berbuat macam-macam. Dan guru-guru disana memperlakukan siswa-siswanya dengan sangat baik
Kemajuan yang sudah dicapai Turki selama 9 tahun terakhir antara lain: pengembangan kurikulum, kemampuan fisik siswa, perbaikan dan pembangunan gedung sekolah baru, peningkatan mutu guru, bimbingan dan konseling serta penggunaan ICT di sekolah. Khusus mengenai program peningkatan mutu guru, Mr, Fatih menjelaskan bahwa di Turki, sekolah mendaftarkan guru-guru yang dianggap memerlukan program pengembangan ke lembaga pelatihan yang ada di Turki setahun sebelum mengikuti pelatihan. Pihak sekolah lebih tahu apa yang dibutuhkan oleh guru mereka atau sekolah lebih mengetahui guru mana saja yang perlu ditingkatkan kompetensinya.
Mengenai alasan mereka sangat peduli dengan pendidikan adalah bahwa Negara mereka di masa depan akan dipimpin oleh anak-anak mereka sekarang. Oleh karena itu jika mereka diberi pendidikan yang baik maka Negara ini akan mereka kelola dengan baik pula pada waktunya nanti. Alasan lain yang mereka sampaikan bahwa dalam memberikan sumbangan kepada sekolah mereka niatkan untuk beramal sesuai dengan ajaran agama
Jadi di Turki baik orang kaya maupun yang hidup pas-pasan semua sudah terbiasa menyumbangkan uang mereka untuk kemajuan pendidikan anak-anak mereka  sehingga pendidikan di Turki dapat lebih maju dan merata bagi semua anak, sedangkan di Indonesia hanya sebagian kecil saja dari orang kaya dan pengusaha yang membangun sekolah bertaraf Internasional, itupun hanya mereka yang mempunyai biaya saja yang mendapatkan kesempatan untuk belajar di sana karena untuk masuk ke sekolah swasta bertaraf Internasional perlu biaya yang sangat besar.
Kesimpulan

Turki, Negara berpenduduk 99% beragama islam mempunyai Sekolah Bertaraf Internasional yang sudah sangat maju. Sistem pendidikan di Turki secara umum hampir sama dengan pendidikan yang ada di Indonesia. Jenjang pra sekolah (TK), Pendidikan Dasar, Pendidikan Menengah, dan Pendidikan tinggi, serta pendidikan di luar sekolah. Namun pertanyaannya mengapa pendidikannya lebih maju dibandingkan dengan pendidikan di Indonesia. Untuk memajukan pendidikannya antara lain dikarenakan : Tingginya peran masyarakat dan perusahaan (stakeholder) yang peduli terhadap dunia pendidikan, mereka menyisihkan sebagian pendapatannya untuk membangun pendidikan.
Alasan mengapa mereka sangat peduli dengan pendidikan adalah bahwa negara mereka di masa depan akan dipimpin oleh anak-anak mereka sekarang. Oleh karena itu jika mereka diberi pendidikan yang baik maka negara ini akan mereka kelola dengan baik pula pada waktunya nanti. Alasan lain yang mereka sampaikan bahwa dalam memberikan sumbangan kepada sekolah mereka niatkan untuk beramal sesuai dengan ajaran agama. Secara umum dapat kita lihat bahwa pendidikan di Turki betul-betul mendapat perhatian dari pemerintah disamping kesadaran dari warga yang berimplikasi pada kemajuan dan kemakmuran negaranya. 


(Dari berbagai referensi)


4 komentar:

  1. Terimakasih atas infonya, semoga berkah . . .
    tai akan lebih indah jika ada footnote atau bisa juga daftar pustaka, , makasih

    BalasHapus
  2. Blog Yang Bagus - saya menyukai nya

    jangan lupa kunjungi juga yah blog aku

    Tanya Jawab Dapodik
    Tanya jawab dapodik 2020
    dapodik 2020
    dapodik

    BalasHapus
  3. Borgata Hotel Casino & Spa - JamBase
    Borgata Hotel Casino & Spa · A luxury resort in the heart of Atlantic 전라남도 출장샵 City, New Jersey. 영천 출장안마 Borgata Hotel 전주 출장마사지 Casino & Spa, located 안양 출장안마 on the marina 구리 출장샵

    BalasHapus