RANCANGAN ADAPTASI
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas/Semester : V/II
Standar Kompetensi : Membaca
Memahami teks dengan membaca sekilas
No. | Langkah Pengembangan KD | Adaptasi bahan dan Sumber |
1. | Info Tentang KD Kompetensi Dasar : membandingkan isi dua teks yang dibaca dengan membaca sekilas | Kurikulum Sekolah |
2. | Aktivitas · Bacalah sekilas kedua teks bacaan “Kereta Api” serta “Perahu dan Kapal” berikut · Siswa mncatat kata-kata asing yang terdapat dalam teks · Tanya jawab siswa dan guru · Siswa menjawab pertanyaan · Siswa menyimpulkan garis besar kedua isi teks · Siswa menjelaskan garis besar isi teks · Siswa membandingkan kedua isi teks | SASEBI Saya Senang Berbahasa Indonesia untuk Sekola Dasar kelas V Penerbit : Erlangga Hal. 188-189 LKS Bahasa Indonesia Cendikia |
3. | Tugas · Bacalah dengan sekilas kedua teks berikut ini 1. Kereta Api Kereta api Kereta api pertama diciptakansekit 200 tahun tang lalu. Kereta tersebut disebut kereta uap, karena menggunakan mesin uap sebagai mesin penggeraknya. Kereta uap membakar batu bara atau kayu untuk menghasilkan uap yang akan menggerakkan roda. Saat ini, dseluruh dunia kereta digunakan untuk membawa penumpang dan muatan berat dengan menempuh jarak yang jauh. Kebanayakan kereta dijalankan dengan tenaga lsterik atau mesin diesel bahkan dinegara-negara maju telah diciptakan kereta apai dengan tenaga angin. Kereta tercepat didunia adalah kereta TGV di prancis. Kecepatan kereta ini mencapai 300 kilo meter per jam. Wah, bisa kalian bayangkan betapa cepatnya kereta ini!. Jenis kereta api ada dua macam, yaitu, kereta api penumpang dan kereta api pembawa barang. Kereta api penumpang dibagi lagi menjadi beberapa jenis, yaitu kereta api biasa, exspres, eksekutif, dan kereta api bawah tanah. Kereta api bawah tanah berjalan di atas rel listrik melewati terowongan dibawah kota. Kereta pembawa barang disebut kereta barang. Beberapa jenis kereta ini dapat menarik 100 gerbong. 2. Perahu dan Kapal Perahu dan Kapal Perahu telah digunakan selama ribuan tahun untuk membawa penumpang dan barang-barang melewati air. Perahu dilengkapi layar, dayung, atau mesin agar bisa melaju diatas air. Perahu besar yang mengarungi lautan disebut kapal. Ada banyak jenis perahu dan kapal. Dahulu, orang menjelajah laut Pasifik dengan perahu yang disebut Kano. Perahu yang sejenis dengan kano disebut Kayak. Kayak merupakan perahu kecil khas bangsa Eskimo yang dibungkus kulit hewan. Sekarang, Kayak digunakan untuk lomba mendayung. Ada juga perahu layar untuk lomba. Perahu ini memiliki layar besar didepannya yang disebut layar segi tiga. Begitu layar diembus angin, perahu akan berpacu dilautan. Kapal penumpang yang besar disebut kapal pesiar. Kapal pesiar bagaikan hotel terapung. Setiap bagian kapal memiliki nama sendiri-sendiri. Bagian depan kapal disebut haluan, sedangkan bagian belakang disebut Buritan. Saat ini, kapal terbesar didunia adalah kapal Tanker. Panjangnya bisa mencapai setengah kilo meter, dan beratnya sangat luar biasa. Akibatnya, untuk berhenti dibutuhkan waktu sekitar 20 menit. | SASEBI Saya Senang Berbahasa Indonesia untuk Sekola Dasar kelas V Penerbit : Erlangga Hal. 188-189 LKS Bahasa Indonesia Cendikia Sumber . Ensiklopedia Mini, Erlangga forkids, 2003, Hlm 136 Sumber . Ensiklopedia Mini, Erlangga forkids, 2003, Hlm 120 |
4. | Latihan · Catatlah kata-kata yang asing menurut kamu · Jelaskanlah garis besar isi teks · Bandingkanlah kedua isi teks · Catatlah perbedaan dan persamaan Kedua isi teks | SASEBI Saya Senang Berbahasa Indonesia untuk Sekola Dasar kelas V Penerbit : Erlangga Hal. 188-189 LKS Bahasa Indonesia Cendikia |
5. | Gambar dan Ilustrasi · Gambar kereta api Tenaga Uap · Gambar Kereta Api tenaga Mesin · Gambar Kereta Api Tenaga Listrik · Gambar Rakit /Kino · Gambar lomba Perahu dayung · Gambar Perahu Layar · Gambar Kapal Tanker | Http://id.wikipedia.org/wiki/Perahul Http://tengun.wordpress.com |
6. | Contoh – contoh Perbedaan dan persamaan · Kedua bacaan tersebut sama-sama menceritakan alat transportasi · Kedua bacaan tersebut menceritakan tentang perbedaan alat dan tempat pengoperasiannya Contoh lain alat transportasi · Pesawat Terbang · Kendaraan beroda/ mobil, bus | SASEBI Saya Senang Berbahasa Indonesia untuk Sekola Dasar kelas V LKS Bahasa Indonesia Cendikia Ensiklopedia Mini, Erlangga forkids |
7. | Bahasan dan Penjelasan · Siswa Mendengarkan Penjelasan guru · Siswa menngamati gambar · Guru menjelaskan garisbesar isi teks · Guru menjelaskan Persamaan dan perbedaan isi teks · Siswa dan guru sama-sama membandingkan garisbesar isi teks · | SASEBI Saya Senang Berbahasa Indonesia untuk Sekola Dasar kelas V |
Bahan dan sumber
Lampiran-Lampiran
![]() Kereta Api Tenaga Uap Kereta Api tenaga mesin ![]() ![]() Kereta Api tenaga Listrik Kereta barang ![]() ![]() ![]() ![]() ![]() |
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Nama Sekolah :
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas/Semester : V/2
Pertemuan Ke- : 60
Alokasi Waktu : 2 X 35 Menit
Standar Kompetensi : Memahami teks dengan membaca sekilas
Kompetensi Dasar : Membandingkan isi dua teks yang dibaca dengan membaca sekilas.
Indikator : Mampu
1. mendeskripsikan isi teks Kereta api serta perahu dan kapal
2. mengamati gambar;
3. menguraikan persamaan dan perbedaan isi teks.
I. Tujuan Pembelajaran
Setelah mengikuti pembelajaran ini, siswa mampu
- mendeskripsikan isi teks Kereta api serta perahu dan kapal
- Menyipulkan isi teks
- menguraikan persamaan dan perbedaan isi teks
II. Materi Ajar
- Teks bacaan Kereta Api serta Perahu dan Kapal.
III. Metode Pembelajaran
- Tanya jawab
- Contoh
- Inkuiri
- Latihan dan penugasan
IV. Langkah-Langkah Pembelajaran
A. Pra kegiatan
- Doa
- Presensi
B. Kegiatan Awal
- Apersepsi
- Guru menyampaikan materi
- Guru menjelaskan kompetensi yang akan dicapai dalam pembelajaran dan manfaatnya jika siswa menguasainya.
C. Kegiatan Inti
- Guru dan siswa mengamati gambar yang ada dalam buku.
- Guru membimbing siswa memahami deskripsi isi teks Kereta api serta perahu dan kapal.
- Siswa memahami deskripsi tanaman putri malu.
- Siswa menguraikan ciri-ciri alat transportasi lain.
- Siswa memahami contoh ringkasan cerita.
- Siswa menyimak bersama.
- Guru meminta siswa mengerjakan latihan sesuai dengan instruksi di dalam buku.
- Guru memberikan tugas untuk dikerjakan di rumah.
- Siswa mebuat kreasi.
C. Kegiatan Akhir
- Guru melakukan refleksi dan penegasan-penegasan pada materi pembelajaran.
- Penutup
V. Sumber/Alat/Bahan
- Deskripsi Alat transportasi.
- Hanif Nurkholis Mafrukhi. 2007. Saya Senang Berbahasa Indonesia (Sasebi). Jakarta: Erlanggai.
- Gamabar Ilustrasi
VI. Penilaian
Tehnik
- Tes Tulis
Bentuk Instrumen
- Tes Obyektif
Bentuk tes: Lisan dan tertulis.
No. | Aspek Penilaian | Bobot | Nilai |
1. | Memahami isi teks bacaan a. paham (3) b. kurang paham (2) c. tidak paham (1) | 5 | |
2. | Mengamati gambar a. teliti (3) b. kurang teliti (2) c. tidak teliti (1) | 5 | |
3. | Menguraikan Persamaan dan perbedaan isi teks a. lengkap (3) b. kurang lengkap (2) c. tidak lengkap (1) | 5 |
VII. Lampiran - lampiran
Tidak ada komentar:
Posting Komentar